Kamis, 18 Mei 2017

Rumahku Nanti


Aku membayangkan hidup yang sederhana.
Tidak perlu dibuat-buat..
Tapi semua harus penuh kesadaran.
Sesungguhnya, apa adanya bukan kemudian dgn egoisme tanpa ada usaha..
Kesadaran untuk memahami apa yg terjadi dan harus bagaimana.

Aku membayangkan semua tidak akan mudah atau mungkin semua tidak akan selalu lurus, tapi aku yakin itu semua indah.
Tapi ada hal yg sangat ingin ku ciptakan dan kurasakan dalam rumahku,
Adalah ketaqwaan, ketenangan, kebermaknaan.

Ketaqwaan . .
Karena memang itulah tujuan pernikahan. Membuat iman yg masih separuh menjadi genap. Artinya ada banyak hal yg harus diusahakan. Ada yg saling mengingatkan untuk selalu berada dalam jalan yang benar. Dengan cara yang membuat hati nyaman. Ada ilmu-ilmu yg harus dibagikan. Agar ketaqwaan selalu berbalut pada pengetahuan hingga kita bisa mencintai ibadah itu apa.
Dalam ketaqwaan ada unsur yang dihorizontalkan. Yaitu bagaiman kita mewujudkan ketaqwaan agar juga bisa dirasakan bagi sesama ummat . .
Akhirnya kita harus menjadi keluarga yang bermanfaat bagi banyak orang. Saling mendukung untuk banyak amal-amal Sholih yg berdampak baik bagi oranglain . Saling membantu untuk bergerak menjadi manusia yang bisa mewujudkan kemurahan hati dan memiliki akhlaq-akhlaq yang baik. Hingga setiap orang memahami; Islam itu indah dan memang menjadi Rahmat bagi seluruh alam.

Ketenangan . .
Dulu, aku pernah bertanya pada mama. Bagaimana kah kita bisa memilih dan yakin pada seseorang untuk hidup bersama?
Mama berpesan, jika perasaanmu Tidak memiliki kekhawatiran padanya.. maka itulah keyakinan.
Aku paham, dan aku mencerna nya. Ketenangan ini, Bukan sebab hartanya atau kedudukannya. Tapi karena bagaimana dirinya. Imannya, akhlaq nya,  pembawaannya, cara nya menyelesaikan masalah, cara berpikir nya, cara nya menjalani hari-hari nya.
Tenang karena aku yakin aku mendapatkan perlindungan. Bahwa tdk perlu ku khawatir untuk ditinggalkan. Tidak perlu khawatir ketika berjauhan karena adanya saling percaya.
Tenang karena aku paham bahwa dia bisa diandalkan dan benar dalam memberikan arah.
Jika ada badai, aku tenang karena yakin bisa melewatinya dengan baik. Jika ada banyak kekurangan, aku tenang karena yakin tidak ada yg saling mencela dan merendahkan. Jika hidup terasa sulit, aku yakin semua dapat dilalui karena selalu menjalani dengan cara yang baik dan tidak ada retak yang tidak bisa diperbaiki.

Kebermaknaan. .
Artinya adalah adanya semangat untuk mempelajari segala hal. Menarik makna dari segala yg terjadi. Hingga kita tidak jatuh dilubang yg sama dengan selalu menggunakan cara yg sama untuk mengatasinya. Kebermaknaan adalah hal terpenting dari permasalahan yang telah dihadapi, atau sedang dihadapi. Semua bsa berbeda arahnya jika tanpa makna yang disadari.
Kebermaknaan ini nanti akan kemudian divertikalkan menjadi kebersyukuran . .
Itulah makna tertinggi dari kehidupan.

Jelas hidup Tidak akan mulus.
Kita bersiap saja pada setiap kejutan itu . .
Tak apa.
Semua akan terlewati. Dan dengan ridhoNya, kita akan baik-baik saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar